my money

Rabu, 03 Juli 2013

SAP pemberian kompres hangat pada anak dengan thypoid

SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
PEMBERIAN KOMPRES AIR HANGAT PADA ANAK
DENGAN TYPHOID
A.Topik
Pemberian Kompres air hangat pada anak dengan typhoid.
B.Alasan Pemilihan Topik
Demam merupakan pertahanan tubuh terhadap infeksi atau masuknya zat asing ke daam tubuh. Apabila mengalami demam, harus diwaspadai adanya penyakit yang sedang menyerang tubuh.
Kompres air hangat merupakan salah satu penatalaksanaan keperawatan yang dapat digunakan untuk menurunkan demam pada anak. Oleh karena itu, kompres hangat harus dilakukan seoptimal mungkin sehingga hasilnya pun dapat maksimal dalam menurunkan demam.
C.Sasaran
1.Langsung
Keluarga atau ibu yang memiliki anak yang sedang atau pernah mengalami typhoid.
2.Tidak Langsung
Semua peserta yang mengikuti pendidikan kesehatan.




D.Tujuan
1.Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Setelah dilakukannya pendidikan kesehatan dan demontrasi selama 1 x 30 menit, keluarga dan ibu diharapkan dapat mengetahui tentang penyakit typhoid dan penatalaksanaannya dengan benar.
2.Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah dilakukannya pendidikan kesehatan dan demontrasi selama 1 x 30 menit, keluarga atau ibu mengerti apa yang telah disampaikan dengan kriteria hasil:
a.Keluarga atau ibu mengetahui pengertian typhoid dengan benar
b.Keluarga atau ibu mengetahui penyebab typhoid dengan benar
c.Keluarga atau ibu mengetahui minimal enam dari sembilan tanda dan gejala typhoid pada minggu I dan minimal empat dari enam tanda gejala typhoid pada minggu II dengan benar
d.Keluarga atau ibu mengetahui cara pemberian kompres hangat pada anak dengan typhoid dengan benar.
e.Keluarga atau ibu dapat melakukan demontrasi cara pemberian kompres hangat dengan benar.
E.Waktu
Hari/tanggal : jumat, 21-12-2012
Tempat : ruang melati 7 rs bayangkara
Waktu :


F.Materi
1.Pengertian Typhoid
Demam typhoid (enteric fever) adalah penyakit infeksi akut yang biasanya mengenai saluran pencernaan dengan gejala demam yang lebih dari satu minggu, gangguan pada pencernaan, dan gangguan kesadaran (Nursalam, 2005)
Typhoid merupakan penyakit infeksi yang terjadi pada usus halus yang disebabkan oleh Salmonella typhii (Hidayat, 2006).
2.Penyebab Typhoid
Penyebab penyakit ini adalah Salmonella Typhosa.
Penularan Salmonella typhii dapat ditularkan melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5f yaitu Food (makanan), Fingers (jari tangan/kuku), Fomitus (muntah), Fly (lalat), dan melalui feses.
3.Tanda dan Gejala Typhoid
Masa tunas Typhoid 10-14 hari.
a.Minggu I
Pada umumnya demam berangsur naik, terutama sore hari dan malam hari dengan keluhan dan gejala demam, nyeri otot, nyeri kepala, anoreksia, dan mual, batuk, epistaksis, obstipasi/diare, perasaan tidak enak di perut.
b.Minggu II
Pada minggu II gejala sudah jelas dapat berupa demam, bradikardi, lidah yang khas (putih, kotor, pinggirnya hiperemi), hepatomegali, meteorismus, penurunan kesadaran.


Komplikasi :
a.Komplikasi Intestinal
1)Perdarahan usus
2)Perforasi usus
3)Ileus paralitik
b.Komplikasi Ekstraintestinal
1)Komplikasi kardiovaskuler: kegagalan sirkulasi, miokarditis, trombosis, tromboplebitis.
2)Komplikasi darah: anemia hemolitik, trombositopenia, dan sindrom uremia hemolitik.
3)Komplikasi paru: pnemonia, empiyema, dan pleuritis.
4)Komplikasi hepar dan kandung empedu: hepatitis, kolesistitis.
5)Komplikasi ginjal: glomerulonefritis, pielonefritis, dan perinefritis.
6)Komplikasi pada tulang: osteomiolitis, osteoporosis, spondilitis, dan artritis.
7)Komplikasi neuropsiatrik: delirium, meningiusmus, meningitis, polineuritis perifer, sindroma guilaain bare, dan sindroma katatonia.





4.Cara pemberian kompres hangat pada anak dengan typhoid
Kompres hangat akan menurunkan suhu anak dalam waktu 30-45 menit. Oleh karena itu, lakukanlah kompres hangat bila suhu anak sangat tinggi. Kompreshangatini juga membantuanak agar lebihcomfortable.
Cara mengompresanakdemam:
a)Kompressebaiknyamenggunakan air hangat, tidakmenggunakanalkoholkarenauapalkoholsangatberbahaya dan dapatmenyebabkaniritasi pada kulit.
b)Kompresakanlebihefektif apabila dilakukan pada daerah yang mengandungbanyakpembuluhdarah, sepertiketiak, lipatpahaatauselangkangan dan dahi.
c)Taruh anak di bath up/ ember mandi yang diisi air hangat bersuhu 30-32° C.
d)Usapkan air hangat di sekujurtubuhbayi/ anak.
e)Bilaanakmenolak, suruhduduk di ember / bath up, berimainan, ajakbermain.










G.Kegiatan Belajar Mengajar
No
Tahap
Waktu
Kegiatan Perawat
Kegiatan Peserta
1.
Pembukaan
5 menit
a.Mengucapkan salam
b.Memperkenalkan diri
c.Menyampaikan tujuan
d.Menyepakati kontrak
e.Apersepsi tentang typhoid
a.Peserta menjawab salam
b.Peserta memperhatikan
c.Peserta memperhatikan
d.Peserta menyepakati kontrak
e.Peserta menjawab dengan benar
2.
Pelaksanaan
20 menit
a.Menjelaskan isi materi
b.Menjelaskan prosedur dan demontrasi
c.Mengevaluasi secara verbal pada peserta pendidikan kesehatan
a.Peserta mendengarkan dgn seksama
b.Peserta memperhatikan
c.Peserta menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan perawat
d.Redemontrasi peserta
3.
Penutup
5 menit
a.Menyimpulkan hasil kegiatan
b.Mengakhiri kegiatan dengan mengucapkan salam
a.Peserta memperhatikan
b.Peserta menjawab salam



H.Media
1.Leaflet
2.Lembar balik
I.Metode Penyampaian
1.Ceramah
2.Diskusi
3.Demontrasi
J.Evaluasi
1.Evaluasi struktural
a.SAP sudah siap satu hari sebelum dilaksanakannya kegiatan
b.Alat dan tempat siap
c.Sudah dibentukny struktur organisasi/pembagian peran
d.Perencanaan pendidikan kesehatan yang sesuai dan tepat
e.Perawat dan peserta siap
2.Evaluasi proses
a.Alat dan tempat bisa digunkan sesuai rencana
b.Peserta mau atau bersedia untuk mengikuti kegiatan yang telah direncanakan



3.Evaluasi hasil
a.75 % Keluarga atau ibu mengetahui pengertian typhoid
b.75 % Keluarga atau ibu mengetahui penyebab typhoid
c.75 % Keluarga atau ibu mengetahui minimal enam dari sembilan tanda dan gejala typhoid pada minggu I dan minimal empat dari enam tanda gejala typhoid pada minggu II.
d.75 % Keluarga atau ibu mengetahui dan mendemontrasikan cara pemberian kompres hangat pada anak dengan typhoid.
e.100% perawat dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar